10 Negera yang Punya Reaktor Nuklir Terbanyak di Dunia

Assalamualaikum~

Energi nuklir adalah salah satu energi alternatif untuk mengatasi kelangkaan bahan bakar fosil karena disebabkan oleh perubahan alam, perubahan cuaca dan iklim Salah satu energi yang dihasilkan dari tenaga nuklir digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga nuklir. Pembangkit listrik tenaga nuklir dapat diandalkan sebagai pemasok kebutuhan listrik suatu bangsa, sehingga banyak negara membangun reaktor nuklir untuk memenuhi kebutuhan energinya. Berikut ini adalah 10 negara dengan reaktor nuklir terbanyak

10. Inggris, 15 reaktor nuklir

n.5

Inggris memiliki 15 reaktor nuklir dan telah menghasilkan tenaga nuklir yang menghasilkan 57,9 Twh. Sejak didirikan tahun 1956, Inggris “hanya” mengalami dua kali kecelakaan nuklir yaitu di Windscale karena kebakaran tumpukan plutonium tanggal 8 Oktober 1957 dan di Sellafield karena sebanyak 20 ton uranium dan 160kg plutonium mengalami kebocoran karena ada pipa yang retak pada tanggal 19 April 2005.

9. Ukraina, 15 reaktor nuklir

ukraine

Tragedi Chernobyl adalah tragedi terdahsyat terkait kecelakaan reaktor nuklir. Pada suatu hari salah satu dari reaktor nuklir yang ada di Ukraina meledak dan terbakar. Dahsyatnya kebakaran baru bisa dipadamkan setelah 10 hari. Serbuk kebakaran yang terbawa angin mencapai Swedia yang berjarak 1100 km dari Ukraina.

8. Kanada, 19 reaktor nuklir

n.6

Kanada sebagai salah satu negara terluas memiliki 19 reaktor nuklir. Pada tahun 2015 Kanada menghabiskan 1784 Ton Uranium.  (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Key MJ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *