Mengenal Geothermal atau Energi Panas yang Ada di dalam Perut Bumi

Kementrian ESDM terus mensosialisasikan tentang Energi Panas Bumi yang menyimpan potensi sebagai salah satu sumber energi baru dan terbarukan. Dengan adanya potensi tersebut kementrian terkait beserta badan usaha yang terkait lainya kini berupaya menemukan cara yang tepat untuk mengelola sumber daya yang ada, contohnya terus melakukan langkah efektif untuk menemukan cara yang tepat  supaya potensi panas yang berada di kedalaman bumi bisa di manfaatkan untuk menggerakan turbin pembangkit tenaga listrik.

Energi panas bumi adalah energi panas yang terdapat dan terbentuk di dalam bumi. suhu panas di bawah kerak bumi bertambah seiring bertambahnya kedalaman. Suhu di pusat bumi diperkirakan mencapai 5400 °C. Menurut Pasal 1 UU No.27 tahun 2003 tentang Panas Bumi Panas Bumi adalah sumber energi panas yang terkandung di dalam air panas, uap air, dan batuan bersama mineral ikutan dan gas lainnya yang secara genetik semuanya tidak dapat dipisahkan dalam suatu sistem Panas Bumi dan untuk pemanfaatannya diperlukan proses penambangan. Energi panas bumi ini berasal dari aktivitas tektonik di dalam bumi yang terjadi sejak planet ini diciptakan. Panas ini juga berasal dari panas matahari yang diserap oleh permukaan bumi. (wikipedia)

Edukasi kepada masyarakat tentang memaksimalkan potensi Panas Bumi pun di gelar pada kamis 28 januari tahun 2016 dengan mengajak Bupati Solok, segenap Satuan Kerja Perangkat Daerah, para Camat dan Wali Nagara se-Kabupaten Solok, serta sebagian masyarakat Sumatera Barat. (Selengkapnya klik di sini)
Tulisan ini atas sumbangsih M. Arbib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *