Air Hujan Bisa Menghasilkan Enegi Listrik, Lho! (1)

Setelah dilanda musim kemarau berkepanjangan, bahkan sampai menyebabkan terbakarnya hutan ribuan hektar, Indonesia kini memasuki musim hujan. Sama halnya dengan musim kemarau yang memberikan dampak pada lingkungan, musim hujan juga menyebabkan beberapa ruas jalanan di Jakarta tergenang air dan berakibat banjir.

Volume air yang menggenang akibat intensitas hujan yang sering ini ternyata bisa menghasilkan energi listrik, lho! Menyadari kondisi alam Indonesia yang di sebagian tempat memiliki curah hujan tinggi menginspirasi dua siswa SMK Cakra Buana Depok, Luthfi Adhyaksadiputra (16), kelas 2 IPA, dan Cliff A G Muskitta (15) kelas 2 IPA tahun 2012.

Mereka menilai hujan bisa dimanfaatkan sebagai salah satu energi alternatif selain panas bumi atau tenaga matahari. Dua siswa ini lalu membuat sebuah alat yang bisa mengubah tetes air hujan menjadi energi alternatif.

Seperti dikutip dishut.jabarprov.go.id , menurut Cliff, ide memanfaatkan tetes hujan muncul awal tahun lalu. Saat itu ia dan Luthfi merasakan cuaca hujan terus menerus. Terbersit dalam pikiran kenapa hujan tidak dimanfaatkan untuk sesuatu yang berguna. Mereka pun mendapat ide bagaimana air hujan bisa dijadikan energi. Setelah ide muncul, mereka mendiskusikannya dengan guru. Akhirnya pada bulan Maret tahun lalu, dibimbing Nopi Melani, guru Fisika di sekolahnya, mereka mulai melakukan penelitian tentang energi dari air hujan.

Benturan air hujan ketika menumbuk atap-atap rumah atau gedung pada hakekatnya menghasilkan energi yang terbuang percuma. Dari analisa tersebut dianggap perlu untuk melakukan observasi dan studi sehingga air hujan yang jatuh dirumah-rumah atau gedung dapat dikelola dalam bentuk suatu instalasi pembangkit listrik sederhana. PLTAH atau Pembangkit Listrik Tenaga Air Hujan merupakan hasil dari analisa potensi energi dari air hujan yang dapat dikelola setelah jatuh dari rumah atau gedung. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Ema Fitriyani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *