Amazing, 1 ton Thorium Sebesar Bola Basket Menjadi Pembangkit Listrik Energi Alternatif Berdaya 1000 MW

Tahukah anda Energi Alternatif Thorium? Thorium memiliki densitas energi terpadat sehingga 1 ton Thorium yang hanya sebesar bola basket dapat menjadi bahan bakar pembangkit listrik berdaya 1000 MW selama 1 tahun. Bandingkan dengan uranium yang membutuhkan 200 ton atau batubara yang membutuhkan 3,5 juta ton, wow dan yang lebih menggembirakan bahwa indonesia memilki Cadangan Energi Alternatif Thorium untuk 1000 tahun.
Thorium sendiri adalah sebuah unsur dengan no atom 90 yang mempunyai sifat radioaktif yang dapat dipakai sebagai bahan bakar reaktor nuklir. Karena Thorium bukan inti fisile maka untuk menggunakan Thorium harus memakai Uranium tetapi ini hanya untuk awal memicu reaksi karena setelah itu Thorium yang disebut inti fertile (subur) dapat membelah dan menghasilkan Uranium 233 atau dapat dilakukan penembakan dengan Neutron sehingga Thorium membelah.
Revolusi energi berikutnya dalam Energi Alternatif adalah Thorium Energy, sebuah sumber energi yang bersih, menghasilkan limbah nuklir yang sangat kecil, tidak dapat di persenjatai, tidak mengeluarkan emisi apapun dan karena densitas energi yang sangat tinggi maka energi yang dihasilkan sangat murah. (Selengkapnya baca di sini)
Tulisan ini atas sumbangsih Hendra Manggala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *