Amazing! Proyek FSRU Lampung

FSRU (Floating Storage Regasification Unit) – Terminal LNG Terapung: adalah floating unit untuk LNG (Liquified Natural Gas – Gas Alam Cair) yang tidak hanya sebagai alternatif teknis dari LNG terminal yang telah ada selama ini, tetapi dari sudut pandang lain, unit ini bisa memberikan alternatif solusi dalam hal ekonomi dan visibilitasnya.

Perkembangan teknologi FSRU menuntut adanya independensi & kerjasama antara banyak pihak, mulai dari perusahaan migas, engineering, galangan kapal, vendor & supplier fasilitas seperti turret mooring, offloading system, dan lainnya. Kesemua aspek ini akan memengaruhi aspek keselamatan & integritas dari FSRU. Kebanyakan FSRU cenderung ditempatkan dekat dengan consumer, power plant atau bahkan onshore LNG terminal, sehingga lokasi fasilitas ini dekat dengan garis pantai.

Direktur Perencanaan dan Manajemen Risiko PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk Wahid Sutopo mengatakan saat ini pihaknya sudah menyelesaikan satu kargo untuk kegiatan floating storage regasification unit (FSRU) Lampung, yang sempat dihentikan sejak Januari 2015. “Ke depan kita ada rencana untuk menyalurkan 4-5 kargo lagi, nanti kita lihat seperti apa profil permintaannya, perkembangan dari harga LNG. Kalau mendukung, ya, kita bisa tingkatkan lagi,” ujarnya lagi dalam acara Investor Summit 2015, di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (11/11/2015). (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini sumbangsih dari Hetty Indrarini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *