Bali dan Tarakan Diproyeksikan Menjadi Kota Gas

Kota umunya menjadi denyut nadi dari sebuah pergerakan ekonomi, budaya, dan kehidupan sosial masyarakat di dalamnya. Kota memiliki daya pikat tinggi bagi warga desa untuk mengubah nasib kehidupan mereka jadi baik, seperti pembludakan rakyat yang terjadi di Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia.

Yang sering alpa dari pertumbuhan di kota adalah infrastuktur. Ya, pembangunan manusia seyogyanya memang harus dibarengi dengan pembangunan insfrastruktur yang memadai. Pembangungan jaringan pipa gas salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan gas untuk berbagai sektor, khususnya untuk di kota, transportasi, rumah tangga, industri, dan pusat perbelanjaa yang menjamur.

Belum lama ini, Bali dan Tarakan diproyeksikan  menjadi kota gas oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. “Setelah diskusi dengan pimpinan di daerah, yang antusias Bali dan Tarakan, Batam mungkin belum menganggap penting,” kata I Gusti Nyoman Wiratmaja, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM, Jumat seperti dikutip duniaenergi.com.

Untuk di wilayah Bali sendiri, saat ini aktualisasinya terlihat dari pembangunan Bali Clean Energy Center of Excellent, sebagai wadah bagi para peneliti dari berbagai dunia untuk meneliti energi bersih dan terbarukan. Bangunan itu berdiri di atas lahan yang sudah disiapkan Pemprov Bali sekitar 200 ha. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Ema Fitriyani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *