Beban Ringan dengan Gas Bumi di Tarakan

Apa sih yang diinginkan manusia selama hidupnya? Pastilah ini hidup nyaman dan tak memiliki beban yang memberatkan langkahnya. Apalagi kita yang hidup di negara berkembang seperti Indonesia yang tak semua masyrakatnya memiliki penghasilan tetap perbulannya. Itu pun kadang-kadang tak sesuai UMR atau UMP di daerah di mana dia bekerja. Pada kondisi seperti ini, tentu pemerintah tak bisa menutup mata. Harus ada solusi yang memihak dan meringankan beban rakyat.

Barangkali salah satu solusi itu adalah gas bumi!

Iya, jangan tertawa. Gas bumi ini nyatanya bisa menjadi salah satu komponen kebutuhan hidup manusia yang bisa meringakan dompet seperti yang terjadi pada masyarakat Tarakan, Kalimantan Utara.

‎Pasokan gas bumi yang mengalir di sana diakui mampu meringankan beban masyarakat. Alasannya, warga Tarakan bisa mendapatkan bahan bakar untuk memasak dengan harga yang murah.

Nih kata Sales Area Head PGN Cabang Tarakan Muhammad Arif yang saya kutip dari link ini mengatakan, sebelum ada pasokan gas bumi dari PGN, masyarakat menggunakan Liqufied Petroleum Gas (LPG) atau minyak tanah untuk memasak. Harga LPG di kisaran Rp 260 ribu per tabung hingga Rp 325 ribu per tabung. Setiap tabungnya berisi 12 kilogram (kg). (Selengkapnya di sini)

Penulis Puput Helmy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *