Berapa Panjang Pipa Gas Bumi PGN? Ribuan!

Saat saya menulis tentang pembangunan pipa gas bumi, selalu teringat dengan iklansnack manis yang terkenal di tahun 90-an yang memiliki ratusan lapisan nikmat. PGN sebagai perusahaan negara yang memiliki tujuan mencapai swasembada energi di Indonesia, bertekad untuk memperluas jaringan pipa gas bumi. Namun, pembangunan infrastruktur awal memang memberikan sejumlah tantangan karena biaya untuk membangun pipa jaringan gas bumi memang memerlukan perencanaan dan biaya lebih besar dari bahan bakar fosil lainnya. Sehingga persiapan infrastruktur gas bumi ini memang memerlukan pembangunan ratusan km jaringan pipa gas bumi. Namun telah selesai, ratusan jaringan pipa gas bumi ini akan memberikan ratusan manfaat pula.

Gas bumi memang salah satu solusi untuk kebutuhan energi baik di Indonesia. Selain menghasilkan polusi yang lebih sedikit dari bahan bakar fosil lain, namun gas bumi juga lebih hemat dan persediaannya melimpah di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang memiliki pasokan gas bumi terbesar ke-4 di dunia.

Saat ini PGN telah membangun dan mengoperasikan lebih dari 7.100 km pipa gas bumi, tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Pipa-pipa gas tersebut memasok gas bumi yang efisien dan ramah lingkungan ke lebih dari 107.690 rumah tangga pelanggan PGN, 1.857 usaha kecil, mal, restoran, hotel, rumah sakit, serta 1.529 industri skala besar dan pembangkit listrik. (Selengkapnya baca di sini)

Penulis Sheila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *