Bumi Berulang Tahun, Apa Kado Untuknya?

Bumi ini semakin panas karena bumi kian berumur, apakah bumi yang kita huni semakin berenergi ataukah bertambah loyo? Sampai dengan saat ini…. ¬† Setiap tanggal 22 April kita memperingati hari bumi, jutaan slogan mari selamatkan bumi bertebaran di dunia maya. Namun jika kita bertanya ini memperingati hari bumi yang ke berapa? Berapa tahun sebenarnya usia bumi kita? Dan berapa lama lagi bumi ini masih bisa menyediakan kehidupan? Semuanya mengeleng, temuanya terpaku, semuanya menjawab tak mengerti (lirik lagu).

Dalam menjaga lingkungan agar bumi tetap segar dan energi bumi tetap stabil perlu kita mulai dari diri kita sendiri. Beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan contohnya:
– Jangan membuang sampah sembarangan agar lingkungan bersih terjaga
– Jangan merusak taman atau ruang terbuka hijau yang ada di dekat lingkungan kita. Apalagi sampai menginjak injak bunga bunga yang di tanam hanya untuk eksis ber selfi ria
– Gunakan air seperlunya dan mulai berhemat sesegera mungkin agar ketersediaan air tanah tetap terjaga serta menghemat energi untuk operasional pompanya
– Hentikan kebiasaan membuang sampah ke sungai dan saluran air apalagi sampah yang berupa bahan nor organik yang bisa menyumbat atau menghambat aliran air, aliran air yang tersendat pada musim hujan dapat menyebabkan air meluap alias banjir. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih M. Arbib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *