Cara PGN Tambah Pelanggan UKM di Medan

Berdasarkan data Kementerian ESDM, dari 100 persen produksi gas nasional, konsumsi gas untuk kebutuhan domestik mencapai 50,3 persen dan sisanya sebanyak 49,7 persen dialokasikan untuk kebutuhan ekspor, namun jika berdasarkan Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) konsumsi gas domestik sudah mencapai 65 persen lebih. Hal ini membuat PGN mencoba melakukan strategi untuk menambah pelanggan industri kecil menengah di Medan.

Sales Head Area PGN Medan Sabaruddin mengatakan, selama ini banyak permintaan dari pemilik rumah makan di beberapa kawasan. Kendati demikian, PGN belum memiliki jaringan di wilayah tersebut.

“Jadi tidak bisa dialirkan langsung dari pipa kami. Kami membutuhkan satu teknologi khusus untuk menurunkan tekanan dari pipa hingga bisa melayani klaster. Jadi setelah ditekan, beberapa pemilik rumah makan misalya, sudah bisa kami layani. Kami terus melakukan ini sehingga semakin banyak pelaku UKM yang bisa kami layani,” ujar Sabaruddin seperti dikutip bisnis.com.

Untuk wilayah Medan sendiri, saat ini PGN memiliki 500 pelanggan komersil mulai industri besar hingga kecil. Beberapa pelanggan mengklaim, pasca penggunaan gas PGN, biaya operasional bisa hemat. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Ema Fitriyani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *