Di Bumi Semarang Gas Bumi PGN Tabuh Genderang Pembangunan

Genderang pembangunan jaringan gas bumi PGN dalam menebar efek energi baik belanjut ke bumi Semarang. Pemberitaan menurunnya pertumbuhan ekonomi global, maraknya pemberitaan di sosial media tentang melesunya gairah perekonomian tak menyurutkan semangat dan menurunkan kinerja PGN dalam melaksanakan tugas membangun berbagai fasilitas distribusi gas bumi. Dapat di bilang kabar lesu tak membuat Madesu.

Kabar terbaru tentang pembangunan jargas PGN telah termuat di berbagai media. Di antaranya: PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) kembali memperluas infrastruktur jaringan gas bumi di berbagai daerah. Salah satunya, saat ini PGN sedang merampungkan proyek pipa gas di kawasan industri Wijaya Kusuma, Semarang, Jawa Tengah sepanjang 9 km. Dengan bertambah panjang jaringan gas bumi nya maka bertambah pula beban tugas dan tanggung jawab Perusahaan Gas Negara ini. Sebagian besar proyek di Wijaya Kusuma hampir rampung, saat ini pipa sepanjang 5,6 km dengan ukuran pipa 4-6 inchi sudah selesai dibangun. sedangkan sisanya target dalam tahap konstruksi.

Dengan adanya proyek energi baik ini tentunya terus menambah infrastruktur gas bumi yang dibangun dan dioperasikan PGN, dari januari hingga April tahun ini saja, PGN sudah menambah panjang pipa gas bumi di berbagai daerah lebih dari 109 km.
– Di Pasuruan, Jawa Timur, PGN menyelesaikan pembangunan pipa gas bumi di wilayah Kejayan-Purwosari sepanjang 15 kilometer.
– Di wilayah Jetis-Ploso yang berada di wilayah Mojokerto dan Jombang sepanjang 27 km yang dapat memasok gas bumi hingga 65 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). PGN juga menyelesaikan proyek pipa distribusi gas bumi di wilayah Nagoya, Pulau Batam sepanjang 18,3 km. (Selengakapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih M. Arbib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *