Ekspansi PGN Mendukung Pembangunan Bangsa

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) yang dipimpin oleh Hendi Prio Santoso telah membangun dan mengoperasikan pipa gas bumi sebagai energi baik lebih dari 7.100 kilometer (km). Jumlah ini setara 76% pipa gas bumi seluruh Indonesia. Sejak puluhan tahun silam, PGN terus membangun jaringan gas bumi di berbagai daerah, semua dilakukan untuk mewujudkan cita-cita ketahanan energi bagi Indonesia. Mulai tahun 2016 hingga 2019 PGN menargetkan tambahan jaringan pipa gas sepanjang 1.685 km, SPBG sebanyak 60 unit, serta infrastruktur lainnya seperti mini LNG System untuk Indonesia bagian tengah dan timur.

Namun, kisah sukses ini tidaklah terwujud dengan mudah. Perlu perjuangan dan jalan yang panjang. Membangun pipa gas di Indonesia pada awal-awal usaha PGN di era 70-an mendapatkan banyak rintangan. Pada era tersebut harga gas dijual dengan murah, karena harga BBM yang murah akibat subsidi pemerintah.

Selama beberapa tahun bisnis PGN saat itu hanya menyalurkan gas buatan untuk kebutuhan energi di sektor rumah tangga dan penerangan jalan raya yang merugi. Namun para pimpinan dan karyawan PGN tak patah arang. PGN melakukan inovasi dengan sedikit mengubah pola bisnisnya yang sebelumnya menyalurkan gas buatan menjadi menyalurkan gas bumi melalui pipa. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Sheila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *