Energi Alternatif Solusi Mengolah Limbah di Sekitar Kita

Energi alternatif yang bisa dihasilkan dari limbah ternyata berpotensi menjadi salah satu pilihan untuk energi baik di masa mendatang, energi alternatif yang dihasilkan dari limbah sejak beberapa tahun terakhir ini sudah banyak yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar. Walaupun di berbagai media berita kita bisa mendapatkan info tentang pendayagunaan atau pemanfaatan limbah sebagai sumber energi alternatif, namun hal tersebut masih di lakukan dalam skala yang belum terlalu besar.

Untuk saat ini , kebutuhan energi kita mungkin saja belum sampai pada titik krisis yang serius. Namun apakah krisis energi yang belum terlampau melanda, menjadikan semua manusia berpangku tangan dan berleha leha. Pertumbuhan jumlah penduduk dunia semakin hari semakin bertambah. Ini harus lah dari sekarang kita sadari, betul betul betul. Sementara itu, cadangan sumberdaya alam sebagai sumber bahan bakar terus mengalami pengurangan, karena secara kontinyu di tambang dan di pergunakan.

Akankah kita baru mulai berpikir mencari energi alternatif ketika sumber daya alam telah habis,.? Tentu saja tidak. Untuk saat ini banyak di antara kita telah memikirkan serta mencarikan berbagai solusi untuk krisis energi yang bakalan di hadapi generasi mendatang. Berbagai pihak , mulai dari kalangan akademisi, kelompok masyarakat, hingga ke BUMN melalui berbagai mitra kerjanya melakukan beberapa hal sebagai antisipasi kekurangan energi di masa mendatang.

Beberapa contoh yang di lakukan oleh mereka adalah: mencari cara terbaik untuk medapatkan energi alternatif limbah yang ada di sekitar kita, seperti memanfaatkan sampah, pelepah pisang, buah salak, air sampah, dan sejenisnya untuk di proses menghasilkan bahan bakar semacam gas. berbagai Limbah ini terus diteliti, dikaji dan di coba pengaplikasiaanya untuk kehidupan sehari hari, oleh  mahasiswa, masyarakat dan juga peneliti lainnya. (Selengkapnya di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Arbib Musrib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *