Energi Baik untuk Masyarakat Kecil

Bahan bakar gas telah dari dulu dikampanyekan sebagai energi baik yang efisien dan ramah lingkungan. Sementara sampai Januari 2016 sudah menyalurkan gas ke lebih dari 107.690 rumah tangga di berbagai daerah. Berkembangnya PGN menjadi BUMN yang diperhitungkan saat ini tak terlepas dirut PGN, Hendi Prio Santoso, perubahan pola bisnis PGN untuk mengalirkan gas bumi langsung melalui pipa gas ke lebih dari 107.690 rumah tangga dibangun tanpa mengandalkan uang negara atau APBN.

Dominggus Safle, salah satu warga Jalan Terong, Kelurahan Malawele, Sorong, Papua tahun lalu (2015) menggantungkan kebutuhan memasaknya kepada ketersediaan LPG 12 KG. Maklum saja dorongan pemerintah akan pengalihan penggunaan minyak tanah ke LPG dilakukan agar ketergantungan masyarakat dengan minyak tanah berkurang karena selama itu pemerintah menanggung beban pemberian subsidi kepada masyarakat.

Ketersediaan LPG juga tak seindah pemaparan pemerintah. Negara kepulauan ini memiliki kendalanya tersendiri dalam pendistribusiannya. Tak ayal, Papua kepulauan paling timur sering mengalami kendala akan pasokan LPG. Dominggus Safle, pernah menceritakan dahulu LPG 12 KG di daerahnya Sorong pernah mengalami kenaikan yang tak wajar hingga menembus 450.000/tabung. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Adi Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *