Energi Surya Berpotensi Menghasilkan Energi Dingin lho!

Sumber foto: google.com
Sumber foto: google.com

Energi surya atau biasa kita kenal sebagai matahari meskipun bersifat panas energi dapat menghasilkan energi dingin lho. Jika diolah dengan tepat, energi ini mampu menyediakan kebutuhan konsumsi energi dunia saat ini dalam waktu yang lebih lama. Tenaga ini dapat dimanfaatkan secara langsung oleh kita untuk memproduksi listik, panas dan bahkan energi dingin.

Usut punya usut ternyata telah dikembangkan lemari pendingin yang disebut dengan Solar Chill yang mana listriknya dambil dari energi panas matahari. Setelah melakukan uji coba, lemari pendingin ini akan digunakan untuk membantu organisasi kemanusiaan untuk menyediakan vaksin didaerah daerah pendalaman yang jarang listrik, dan oleh orang yang memang tidak ingin bergantung dengan tenaga listrik untuk mendinginkan persediaan makanan mereka.

Bagaimana sih cara kerjanya? Istilah sistemnya adalah sel photovoltaic, sebuah alat semikonduktor yang terdiri dari sebuah wilayah-besar diode p-n junction, di mana, dalam hadirnya cahaya matahari mampu menciptakan energi listrik yang berguna. Pengubahan ini disebut efek photovoltaic. Bidang riset berhubungan dengan sel surya dikenal sebagai photovoltaics (Wikipedia).

Penggunaan sel photovoltaic didesign berbagai rupa oleh arsitek, sebagai contoh atap ubin atau sebutan lainnya slites solar dapat menggantikan bahan atap konvensional. Modul film yang fleksibel juga bisa diintegrasikan menjadi atap vaulted, saat modul semi transparan menghasilka percampuran antara bayangan dengan sinar matahari.

Selengkapnya silakan baca di sini

Tulisan ini atas sumbangsih Anita Majid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *