Energi Terbarukan Mendorong Perekonomian Masyarakat

Sektor energi memiliki potensi tinggi untuk mengentas kemiskinan. Sudah banyak negara yang mulai melihat bahwa tujuan ekonomi dan lingkungan dapat berjalan secara bersamaan. Negara-negara yang mengejar pertumbuhan inklusif dapat melakukannya berbagai cara yang dapat memberikan hasil yang baik terhadap lingkungan.

Peningkatan efisiensi energi merupakan contoh yang baik, mengejar efisiensi yang lebih baik adalah pendekatan yang rasional untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan ketahanan energi, dan dapat memberikan kontribusi yang berharga untuk penurunan emisi gas rumahkaca.

Salah satu cara peningkatan efisiensi energi adalah membangun akses elektrisitas ke pedalaman-pedalaman. Sekitar satu dari tujuh orang di dunia belum memiliki listrik dan hampir 3 milyar masih memasak dengan bahan bakar yang menghasilkan polusi seperti minyak tanah, kayu, arang, dan kotoran hewan.

Tanpa listrik, perempuan dan anak perempuan harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengambil air, klinik kesehatan tidak bisa menyimpan vaksin, anak-anak tidak bisa mengerjakan pekerjaan rumah di malam hari, pengusaha kurang kompetitif, dan negara tidak bisa menggerakkan ekonomi. Hal ini seharusnya menjadi perhatian lebih dari pemerintah.

Namun di sisi lain, Industri energi terbarukan akan membantu menciptakan lapangan kerja di berbagai sektor. Hal ini sangat baik bagi perekonomian, dan akan bermanfaat bagi negara secara keseluruhan. Energi terbarukan juga membantu meningkatkan gaya hidup kita dan membuat kita lebih bahagia. Menggunakan energi terbarukan akan membantu menstabilkan harga, yang baik bagi kita semua, karena kita dapat menghemat banyak uang dan menghindari fluktuasi harga energi.

Selengkapnya silakan baca di sini

Tulisan ini atas sumbangsih Anita Majid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *