Energi?

Dari kemarin kita bolak-balik ngebahas tentang energi, tapi apakah kalian tau energi itu apa? Biasanya, karena kita terlalu sering mendengar kata tersebut, kita jadi nggak tahu makna sebenarnya dari kata tersebut. Nah, kita cari tahu apa arti energi itu…

Apa Energi Itu?
Energi berasal dari bahasa Yunani yaitu

“En” yang berarti dalam/di dalam  “Ergon” yang berarti kerja.

Jadi bisa dibilang kalau energi adalah jumlah gaya atau daya yang jika diterapkan dapat memindahkan satu obyek dari satu posisi ke posisi lain. Atau energi juga bisa didefinisikan sebagai kapasitas sistem untuk melakukan kerja.
Energi dapat memiliki banyak bentuk: kinetik, potensial, cahaya, suara, gravitasi, elastis, elektromagnetik atau nuklir. Menurut hukum kekekalan energi, bentuk energi dapat diubah menjadi bentuk lain dan total energi akan tetap sama. Contohnya : kalau kita lagi nge-charge, Energi listrik diubah menjadi energi kimia yang akan disimpan di dalam molekul baterai.Jenis Sumber Energi?

Energi secara luas diklasifikasikan menjadi dua kelompok utama: Energi Terbarukan dan Energi Tidak Non-terbarukan.

# Energi terbarukan

Energi terbarukan adalah energi yang dihasilkan dari sumber alami yaitu matahari, angin, hujan, pasang surut dan dapat dihasilkan lagi dan lagi jika diperlukan. Mereka tersedia di banyak dan sejauh paling sumber terbersih dari energi yang tersedia di planet ini. Untuk misalnya: energi yang kita terima dari matahari dapat digunakan untuk menghasilkan listrik. Demikian pula, energi dari angin, panas bumi, biomassa dari tanaman, pasang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi sehari-hari kita.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan sumber energi terbarukan:
+ Matahari, angin, panas bumi, energi laut yang tersedia dalam jumlah melimpah dan bebas untuk digunakan. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Miftahul Jannah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *