Energy Bike, Sepeda Berbahan Energi Tenaga Surya Buatan Mahasiswa Indonesia

Sepeda tanpa rantai dan pedal? Hmm mungkin nggak sih bisa dijalanin? Gowesnya gimana? Eits, jangan panik dulu. Sepeda anti mainstream ini beneran ada lho. Kerennya lagi ini, sepeda berbahan energi tenaga surya ini buatan anak Indonesia.

Namanya Giasa Lutfiah. Mahasiwa Institut Teknologi dan Sains Bandung ini menjadi popular karena berhasil membuat sepeda dengan memanfaatkan sumber matahari atau tenaga surya. Ia menamai sepedanya Energy Bike.

Menurut penuturan Giasa, yang dikutip speakingmagz.com, penamaan Energy Bike memiliki filosofi tersendiri. Kata “Energi” yang memiliki simbol matahari di atasnya mengandung arti tenaga matahari dan kata “Bike” yang memiliki symbol stecker listrik di atasnya mengandung arti sepeda listrik. Penggabungan kedua kata tersebut memiliki arti bahwa kendaraan roda dua (sepeda) bertenaga matahari.

FYI nih guys, proses kreatif dari proyek ini diakui Giasa ada beberapa faktor. Pertama, Energy Bike dibuat untuk memenuhi Tugas Akhir kampusnya. Kedua, dalam prosesnya, sepeda tersebut dirancang tidak hanya sekedar menerapkan tenaga surya (solar cell) pada sepeda, namun juga mempertimbangkan aspek ergonomik, material, appearance dan kelayakan produksi dari kacamata industri di mana aspek-aspek tersebut merupakan hal yang penting untuk mencapai sebuah produk yang fungsional, bagus penampilannya dan juga bernilai ekonomi. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Ema Fitriyani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *