FSRU Lampung Milik PGN, Salah Satu Terbesar di Dunia

Membanggakan. FSRU Lampung yang dibangun oleh Perusahaan Gas Negara (PGN) merupakan salah satu FSRU terbesar di dunia. Floating Storage and Regasification Unit (FSRU) Lampung, yang dikelola PT PGN LNG Indonesia, anak usaha PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) adalah sebuah kapal yang dilengkapi fasilitas penampung LNG (gas alam cair) dan peralatan yang mampu mengubah LNG dari bentuk cair ke bentuk gas (proses regasifikasi) untuk kemudian disalurkan ke konsumen melalui jaringan pipa gas.

Pembangunan proyek jaringan gas bumi terintegrasi Lampung ini telah mendapatkan ijin prinsip melalui Keputusan Gubernur Lampung no G/743.a/II.06/HK/2011. Pemerintah Lampung juga sudah mengeluarkan Surat No. 340/2940/111.17/2010 tanggal 23 November 2010 perihal Pemanfaatan Gas PGN di Wilayah Lampung.

Djoko Saputro menjelaskan, pembangunan PGN FSRU Lampung merupakan bagian integral dari Proyek Gas Bumi Terintegrasi Indonesia yang sedang dibangun dan dikembangkan oleh PGN. FSRU Lampung diintegrasikan dengan jaringan pipa transmisi dan distribusi sehingga dapat dipergunakan secara luas oleh semua sektor industri, rumah tangga, UKM listrik dan transportasi di berbagai daerah. Mulai dari Lampung sendiri, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Hetty Indrarini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *