Gas Bumi Murah dari PGN Dukung Bali Mendunia sebagai Wilayah Percontohan Energi Bersih

Gas bumi murah dari PGN semakin mudah dinikmati masyarakat di berbagai daerah di Indonesia antara lain Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Batam, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Bogor, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, sampai Papua dengan berbagai sektor ekonomi seperti industri, listrik, UKM, dan rumah tangga.

Bagaimana dengan wilayah Bali? Wilayah dengan pesona yang tak pernah luntur sebagai pulau eksotis di Indonesia dengan keindahan alamnya, keramahan masyarakat terhadap wisatawan serta sajian erat bernilai magis yang tak terpisahkan antara kepercayaan dan kebudayaan. Wilayah yang akan selalu menjadi magnet para wisatawan lokal dan asing.

Mempertimbangkan poin-poin tersebut, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Prof Dr IGN Wiratmaja Puja, mengatakan, Provinsi Bali akan dijadikan sebagai daerah percontohan penggunaan energi bersih dan terbarukan tingkat dunia. Percontohan energi bersih ini akan dilakukan antara lain melalui pemanfaatan gas bumi untuk pembangkit listrik, pengembangan jaringan gas kota, memaksimalkan energi baru, terbarukan dan penerapan prinsip-prinsip energi bersih. Pemerintah menargetkan pada 2019 penggunaan energi bersih di Bali mencapai 90%.

Sejalan dengan rencana itu, Direktur Bidang Infrastruktur dan Teknologi PGN, Djoko Saputro menawarkan pemanfaatan gas bumi (natural gas) dan pengembangan gasifikasi biomassa sebagai sumber energi alternatif ramah lingkungan yang cocok dikembangkan di daerah Bali dalam pertemuannya dengan Gubernur Bali Made Mangku Pastika. (Selengkapnya di sini)

Penulis Hetty Indrarini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *