Gas Bumi Murah, Komitmen PGN untuk Masyarakat Indonesia

Kondisi perekonomian yang sedang mengalami perlambatan tidak membuat irama PGN melambat juga bahkan semakin agresif membangun infrastruktur gas bumi untuk meningkatkan pemanfaatan produksi gas nasional sehingga masyarakat bisa menikmati gas bumi murah dalam keseharian apa pun profesi mereka.

Terbukti dari pendapatan bersih PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk  (PGN‎) sebesar US$ 2,16 miliar atau sekitar Rp 28,1 triliun, naik sebesar US$ 17,32 juta sampai September 2016 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sedangkan laba operasi PGN selama sembilan bulan tercatat sebesar US$ 394,24 juta, dengan perolehan laba bersih sebesar US$ 241,99 juta atau Rp 3,23 triliun (dengan kurs rata-rata sembilan bulan di tahun ini Rp 13.328 per dolar AS).

Jaringan Pipa Gas Bumi
Jaringan Pipa Gas Bumi

Sekretaris Perusahaan PGN Heri Yusup menuturkan, berbagai upaya efisensi adalah kunci utama keberhasilan PGN mempertahankan kinerja baiknya sehingga mampu mencetak laba di tengah kondisi harga minyak dunia yang mengalam penurunan signifikan serta nilai tukar rupiah yang berfluktuasi. Kenaikan pendapatan tersebut juga mendapatkan kontribusi dari pengoperasian pipa transmisi gas bumi Kalija I oleh PT Kalimantan Jawa Gas dan hasil kontribusi penjualan gas dari sektor hulu melalui SEI.

PGN menyalurkan gas bumi sebesar 1.613  juta kaki kubik per hari (MMSCFD) selama semester pertama tahun 2016, meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 1.554 MMSCFD dengan rincian volume gas distribusi sebesar 796 MMSCFD, naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 790 MMSCFD dan volume transmisi gas bumi sebesar 816 MMSCFD, naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 763 MMSCFD. (Selengkapnya di sini)

Penulis Hetty Indrarini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *