Gas Bumi PGN Memajukan Perekonomian Lampung

Pihak PGN mengadakan sosialisasi “Paparan Publik Informasi Berlangganan Gas Pelanggan Jargas ESDM 2017, Energi Baik Gas Bumi, Wujud PGN Sayang Ibu” di kantor Kelurahan Sukamenanti Baru, Kecamatan Kedaton, Bandar Lampung. Masyarakat sangat tertarik mengikuti acara tersebut. Acara dimulai dengan pemutaran video mengenai perbedaan memakai gas LPG dan gas bumi.

Melalui paparan itu didapatkan perbedaan antara gas LPG dan gas bumi, yakni:

  1. Gas bumi lebih hemat dari gas LPG. Penghematan yang didapatkan mencapai 50%. Jika memakai gas LPG 4 tabung dengan berat masing-masing 3 kg akan menghabiskan Rp 80.000 sedangkan dengan gas bumi hanya perlu membayar Rp 33.400. Jika memakai tabung gas ukuran 12 kg, harus membayar Rp 120.000, dengan memakai gas bumi hanya perlu membayar Rp 57.600
  2. Gas bumi selalu ada karena mengalir dari pusat sehingga tidak perlu cemas akan kelangkaan gas bumi karena persediaan gas bumi masih banyak.
  3. Gas bumi adalah energi baik sehingga ramah lingkungan.
  4. Gas bumi lebih aman dibandingkan dengan LPG karena beratnya lebih kecil dari udara. Sehingga apabila terjadi kebocoran, gas akan keluar bersama dengan udara sehingga bebas risiko.

Selain menjelaskan tentang keuntungan memakai gas bumi PGN, pihak PGN juga menjabarkan bahwa pemasangan 12 ribu sambungan gas bumi diberikan secara gratis kepada masyarakat menengah ke bawah. Program pemasangan instalasi gratis ini merupakan program Pemerintah Kota Bandar Lampung. (Selengkapnya di sini)

Penulis Amelia Hadiwinata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *