Gas Bumi PGN untuk Pelestarian Lingkungan Hidup

Perekonomian yang terus tumbuh dengan pesat di Indonesia membutuhkan pasokan energi yang semakin banyak. Upaya penyediaan energi dari berbagai sumber daya di Indonesiapun terus didorong untuk berkembang agar dapat memenuhi kebutuhan energi tersebut. Pada Hari Bumi tanggal 5 Juni lalu, kita diminta untuk berhenti sejenak dan berpikir, di tengah hiruk pikuk pembangunan, untuk memperhatikan masalah lingkungan hidup.

Setiap tahun kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia terus melonjak. Kebutuhan BBM Indonesia mencapai 165 juta barrel per tahun pada tahun 2015. Namun, seperti kita semua telah ketahui, BBM adalah sumber daya energi yang tidak ramah energi. Selain pasokannya di Indonesia dan dunia semakin sedikit, penggunaannya secara terus-menerus juga menimbulkan perusakan lingkungan hidup yang signifikan. Oleh sebab itu, telah muncul upaya-upaya untuk menggantikan penggunaan BBM ke sumber energi baik lainnya, salah satunya yang memiliki potensi yang dianggap paling baik adalah gas bumi. Gas bumi merupakan salah satu sumber daya alam di Indonesia yang melimpah, murah (sekitar Rp 3.100 per liter) dan ramah lingkungan.

PT Perusahaan Gas Negara (Persero), Tbk, disebut juga PGN merupakan perusahaan BUMN yang didirikan untuk mendistribusikan gas dan mentransmisikan gas dari daerahdaerah penghasil gas, yakni sumur-sumur gas di kawasan eksploitasi minyak dan gas, ke daerah industri pengguna, maupun kawasan pemukiman. PGN memiliki posisi yang cukup signifikan dalam mendukung program swasembada energi Indonesia serta konversi menuju penggunaan energi baik dalam hal ini gas bumi.  PGN percaya bahwa gas bumi adalah masa depan energi di Indonesia, yang berpotensi memberikan pasokan yang cukup besar untuk periode yang cukup panjang.

Untuk merealisasikan konversi penggunaan BBM yang masih jamak dilakukan di Indonesia menjadi gas bumi sebagai energi baik yang lebih ramah lingkungan, PGN berupaya memperluas jangkauan layanan sehingga masyarakat dapat menikmati bahan bakar gas bumi. Salah satu upaya PGN lainnya untuk mendorong hal ini adalah rencana untuk mengkonversi sumber-sumber daya kaya gas di Indonesia menjadi energi yang mendorong pertumbuhan ekonomi: energi untuk kehidupan. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Sheila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *