Hendi Prio Santoso Cekal (Cepat dan Tangkal) Korupsi dari Akarnya

Kali ini saya ingin mengulas mengenai tulisan dari kawan saya Ema Fitriyani yang bertajuk Hendri Prio Santoso Sosok Bersih Korupsi. Dalam tulisan Ema, dijabarkan bagaimana sosok Hendi Prio Santoso yang tegas memegang komitmen dalam menerapkan cekal (cepat dan tangkal) korupsi di dalam Perusahaan Gas Negara (PGN).  Dengan menerapkan budaya zero tolerance corruption, beliau berjibaku dalam memberantas calo gas bumi dalam perusahaan yang dipimpinnya itu.

Dalam realitanya, praktik percaloan ini memang merupakan penyakit dalam distribusi gas bumi secara nasional. Tidak sedikit keuntungan penerimaan negara yang harus jatuh ke tangan-tangan calo gas bumi ini. Menteri ESDM Sudirman Said menyatakan bahwa mahalnya harga gas bumi di tanah air, akibat maraknya percaloan. Para calo ini membuat rantai distribusi gas bumi semakin panjang, terkadang sampai enam perantara yang tidak mau membangun infrastruktur dan hanya memungut selisih penjualan saja.

Salah satu cara mencegah praktik percaloan di Indonesia adalah dengan melakukan perubahan kelembagaan secara total sehingga terdapat sistem yang baik dan transparan yang tidak memungkinkan calo gas beroperasi. Hendi Prio Santoso menerbitkan Kode Etik Karyawan dan Kode Etik Pimpinan yang dapat memberikan panduan untuk tata laksana yang baik dalam perusahaan untuk mencekal praktik percaloan ini dengan cepat dan menangkal korupsi. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Sheila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *