Ini Ngerinya Kalau Zaman Es Terulang Kembali

Manusia merupakan makhluk yang diberikan mandat langsung oleh tuhan untuk merawat bumi. Oleh karenanya sebagai pengelola bumi kita harus bisa merawatnya dengan baik dan bukan malah merusaknya. Jika kita lihat usia bumi ini semakin hari semakin tua, bahkan bukan mustahil energi alamnya pun habis.

Jika kita tidak bisa merawat bumi dengan baik, bisa jadi apa yang tergambar dalam film The Day After Tomorrow ini terjadi dalam kehidupan nyata. Dalam film tersebut menceritakan seorang paleoklimatologis (cabang ilmu yang mempelajari iklim masa lampau) bernama Jack Hall bersama dua rekannya menemukan bahwa 10.000 tahun yang lalu bumi memasuki Zaman Es yang disebabkan oleh pemanasan global.

patung-liberti-via-google-image

Nah menurut Jack, bumi bisa memasuki Zaman Es lagi dalam jangka waktu 100 atau 1000 tahun berikutnya jika penduduk bumi terus merusak lapisan atmosfir. Perusakan ini dilakukan manusia dengan terus menciptakan polusi udara sehingga terus mengikis lapisan ozon. Dalam film tersebut, saat Jack menyampaikan pendapatnya, para peserta tidak yakin dengan teorinya tersebut.

Namun bagai ada keajaiban, alam membuktikan langsung dengan adanya penurunan suhu di bumi setelah beberapa hari Jack menyampaikan teorinya tersebut. Keadaan iklim menjadi tak teratur, di Tokyo dan New Delhi  mulai turun salju sebesar bola softball, sampai di Los Angeles luluh lantah dengan adanya lima buah tornado yang terjadi sekaligus. Hingga akibat buruknya cuaca ini, Presiden Amerika memerintahkan penghentian semua lalulintas pesawat di Amerika Serikat. (Selengkapnya di sini)

Penulis Yayang Zulkarnaen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *