Inspirasi Energi Terbarukan Dari Jerman

Assalamualaikum~
Jerman memang bisa dibilang salah satu pakar energi nuklir dan memiliki 17 reaktor nuklir di negaranya. Namun pada tanggal 30 Mei 2011, Pemerintah Jerman berjanji akan berusaha meninggalkan energi nuklir dalam waktu kurang lebih 11 tahun.

Pemerintah Jerman saat ini lebih fokus dalam mengembangkan energi terbarukan, Dan inilah Energi Terbarukan yang dimanfaatkan oleh Jerman

#1 Energi Angin
Energi Angin akan lebih bekerja secara efektif di wilayah pesisir. Seperti di taman energi angin di Schleswig-Holstein di perbatasan ke Denmark.

#2 Tenaga Air
16 persen kebutuhan listrik di seluruh dunia diperoleh dari air. Jerman memiliki  PLTA Rhein-Kraftwerk di Rheinfelden hasil kerjasama Jerman-Swiss.

#3 Biomassa
Kayu digunakan sebagai bahan mentah energi berkesinambungan. Seperti di pembangkit tenaga listrik biomassa Pfaffenhofen. Efeknya bisa berlipat ganda; menghasilkan panas bagi pemanas ruangan dan air serta listrik.

#4 Tenaga Surya
Walau matahari setiap harinya hanya beberapa jam bersinar, fotovoltaik populer di Jerman. Contohnya bisa ditemukan di perumahan khusus seperti Solarsiedlung Freiburg-Vauban yang menggunakan tenaga surya sebagai sumber energi.

#5 Panas Bumi
Di bagian dalam bumi yang panas terdapat cadangan energi dalam jumlah yang sangat besar. Para proyek geothermal, air dipanaskan pada pengeboran dan suhu panasnya digunakan di permukaan.

(Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Miftahul Jannah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *