Katanya Harga Gas Mahal, Kok Penggunanya Makin Sejahtera?

Harga gas mahal? Gas mana yang dimaksudkan? PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) terus memperluas dan menyalurkan energi gas bumi melalui pipa yang dibangun PGN untuk kebutuhan masyarakat di dari ujung barat hingga timur Indonesia. Menurut Edy Sukamto, Sales Area Head PT PGN, harga penggunaan gas yang disalurkan melalui pipa jauh lebih hemat sampai 40–50 persen dibandingkan elpiji kemasan tabung. Sebagai perbandingan, harga elpiji ukuran tabung 3 kg lebih mahal dibandingkan dengan gas yang penyalurannya melalui pipa. “Secara persamaan, 1 kg gas sama dengan gas 1 m3. Kami menjual 1 m3 di harga Rp3.333 dan Rp4.000, kalau elpiji ini kan berarti Rp6.000/m3,” katanya.

Warung Nasi Jamblang Bu Nur via Detik
Warung Nasi Jamblang Bu Nur via Detik

Nur Wahid, pengusaha “Nasi Jamblang Ibu Nur” di Cirebon sudah membuktikan hematnya memakai gas bumi PGN sejak tahun 2008. Sega Jamblang atau Nasi Jamblang sejarahnya adalah santapan para buruh pada zaman penjajahan Belanda. Namun kini, menjadi salah satu kuliner paling ikonik di Cirebon. Nasi Jamblang adalah nasi yang dibungkus dengan daun jati dengan banyak sekali jenis lauk pendamping seperti tahu sayur, ikan asin, satai kentang, tempe, perkedel, pepes, kerang, dan daging, dan lebih banyak lagi. Dengan nasi dan lauk yang banyak jenisnya, sudah bisa dibayangkan lamanya mereka memasak bukan?

Gas bumi dari PGN menjadi salah satu kunci suksesnya karena bisa menghemat sekitar 12 juta setiap bulannya. Bermula dari hanya jualan di atas trotoar jalan, sekarang sudah bisa membeli tempat usaha yang layak sehingga usaha mereka semakin berkembang. “Jam operasional memasak di dapur mulai jam 4 pagi sampai jam 5 sore, nggak berhenti. Ada 15 kompor dan 3 tungku, tiap hari kami masak. Sebelum 2008, saya pakai bahan bakar LPG, biayanya cukup besar Rp 18 juta-20 juta/bulan. Tapi sejak jadi pelanggan PGN pada 2008, biaya tagihan gas bumi hanya Rp 7-8 juta/bulan,” ungkap Nur. (Selengkapnya di sini)

Penulis Hetty Indrarini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *