Kisah Perjalanan Uranium, dari Tambang ke Pemakaman (Ep.1)

Assalamualaikum

Halo~ Mungkin judulnya agak horor atau berlebihan ya~ Tapi memang begitu adanya… Nuklir mengalami beberapa tahapan supaya bisa menghasilkan energi listrik. Dan setelah menghasilkan listrik uranium tidak serta merta dibuang begitu saja, tapi ada perlakuan khususnya…. Ikutin yuk perjalanannya uranium~

siklus uranium
sumber: danielnugroho.com

1. Penambangan dan Pengolahan 

Uranium dapat ditambang melalui teknik terbuka (open cut) maupun teknik terowongan (underground) tergantung pada kedalaman batuan uranium yang ditemukan.

 

Uraninite: Salah satu sumber uranium
Source: Wikipedia
Pengolahan uranium dari batu ke yellow cake
Source: infotambang.com

Bijih uranium hasil penambangan selanjutnya dikirim ke pabrik pengolah bijih yang biasanya berada di dekat tambang. Di pabrik ini, bijih uranium dihancurkan secara mekanik, dan kemudian uranium dipisahkan dari mineral lainnya melalui proses kimia menggunakan larutan asam sulfat. Hasil akhir dari proses ini berupa konsentrat uranium oksida (U3O8) yang sering disebut kue kuning atau “Yellow Cake”, Tapi kadang yellow cake ini enggak selalu berwarna kuning, kadang coklat.

Beberapa tambang uranium menggunakan teknik In Situ Leaching (ISL) untuk mengekstrak uranium. Teknik ini digunakan untuk mengekstrak uranium yang terdapat dalam batuan di dalam tanah yang tidak ekonomis apabila dilakukan dengan teknik konvensional. Prosesnya adalah dengan membawa batu yang mengandung uranium nya ke permukaan dalam bentuk larutan kaya uranium, kemudian diendapkan dan dikeringkan menjadi padatan uranium oksida/ yellow cake

U3O8/ yellow cake merupakan produk komersial yang diperjual-belikan di pasar dunia. Sepuluh negara utama pemroduksi uranium adalah Kanada, Australia, Kazakhstan, Nigeria, Rusia, Namibia, Afrika Selatan, Ukraina, Amerika Serikat, dan Uzbekistan. Kanada dan Australia memproduksi uranium hampir 50% dari total produksi dunia. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Miftahul Jannah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *