Kontribusi Gas Bumi untuk Kemajuan Infrastruktur

PGN salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mempunyai beberapa bisnis diantaranya mengoprasikan jalur pipa gas, menyuplai gas bumi ke pembangkit listrik, industri  dan lain-lain ke empat unit bisnis strategi yang difokuskan dengan geografis daerah masing-masing. Salah satunya, SBU Distribusi Wilayah II yang mencakup area Jawa Timur, area Semarang, area Tarakan dan area Sorong.

Melalui anak usaha PGN, PT Kalimantan Jawa Gas (KJG) Semarang, dapat berkontribusi dalam pengembangan industri skala nasional dalam bidang kelistrikan, yaitu berupa infrastruktur pipa gas dari Lapangan Gas Kepodang di Laut Utara ke Pembangkit Listrik tenaga Gas Uap (PLTGU) Tambak Lorok, Semarang. Dengan dipasangnya pipa lintas laut yang ditanam di dasar laut dengan panjang lebih dari 200km dan diameter 14 inch. Infrasuktur PLTGU Tambak Lorok  yang sudah dipasang  sejak Agustus 2015 dapat menggantikan bahan bakar minyak (BBM) dan menghemat biaya operasi yang harus dikeluarkan PLN pertahunnya.

Anak usaha PT Perusahaan Gas Negara (PGN) yang bergerak dibidang penyaluran gas bersih alias gas bumi, PT Kalimantan Jawa Gas (KJG) Semarang, mampu berkontribusi terhadap pengembangan industri besar nasional, seperti kelistrikan. Ini menyusul tuntasnya infrastruktur pipa gas dari Lapangan Gas Kepodang di Laut Utara Jawa ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Tambak Lorok, Semarang. (Selengkapnya di sini)

Penulis Adi Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *