Kotoran Sapi Sumber Energi Alternatif

Pernah mendengar kotoran sapi bisa dijadikan sumber energi alternatif? Wow.., Saya juga baru dengar nih. Ternyata Kotoran sapi dapat menghasilkan energi alternatif  yang dapat membantu  memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Bahan bakar pada saat ini mengalami krisis sehingga diperlukan pencarian terhadap energi energi baru yang dapat mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak. Ternyata salah satu energi alternatif dapat dilakukan melalui sapi.

LIPI ( Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia)memunculkan  Sistem Pertanian Terpadu. Sistem ini berangkat dari pengembangan peternakan sapi yang menghasilkan kotoran melimpah, diolah untuk menopang kebutuhan pertanian maupun kebutuhan rumah tangga.

Pengolahan kotoran sapi ini menggunakan alat biogas yang mengolah kotoran menjadi gas. Alat ini juga dapat disebut sebagai digester biogas. Alat ini belum dapat menghasilkan

Cara kerja alat ini pengumpanan digester dilakukan dengan pengglontoran dan pengenceran kotoran sapi hingga berbentuk lumpur. Lalu dialirkan melalui parit hingga masuk kedalam pipa berjeruji. Fungsi dari jeruji ini sebagai pemisah lumpur dengan sisa sisa sampah. (Selengkapnya di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Mila Andriana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *