Limbah Air, Masalah atau Manfaat?

Indonesia mestinya bersyukur karena dikaruniai sumber daya air yang berlimpah, dengan memiliki 6 persen potensi air dunia atau 21 persen potensi air di Asia Pasifik. Namun, melimpahnya sumber daya air di Indonesia, belum menjamin jumlah ketersedian air bersih.

Ironisnya, di negara yang memiliki sumber daya air yang melimpah ini justru dari tahun ke tahun terus mengalami krisis air bersih, baik secara kualitas maupun kuantitas. Hal tersebut terjadi karena adanya ekploitasi air yang tak terkendali serta maraknya pencemaran menjadi penyebab yang paling menonjol. Padahal, melimpahnya sumber daya air di Indonesia bisa dimanfaatkan sebagai salah satu energi alternatif.

Limbah industri dan limbah rumah tangga yang tidak terkelola dengan baik membuat sumber-sumber air tidak dapat digunakan secara maksimal. Tak dapat dipungkiri,Potensi industri telah memberikan sumbangan bagi perekonomian Indonesia melalui barang produk dan jasa yang dihasilkan, namun di sisi lain pertumbuhan industri telah menimbulkan masalah lingkungan yang cukup serius.

Memang upaya mengatasi persoalan limbah industri ada, namun yang dilakukan sejauh ini baru sebatas melakukan pengelolaan air limbah industrinya melalui perencanaan proses produksi yang efisien sehingga mampu meminimalkan limbah buangan industri dan upaya pengendalian pencemaran air limbah industrinya melalui penerapan installasi pengolahan air limbah. Belum sampai pada tahap bagaimana memanfaatkan limbah industri dapat dimanfaatkan secara ortimal, salah satunya menjadi energi alternatif. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Fahrudin Mualim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *