Luar Biasa, Pellet ini Bisa Menghemat Anggaran Pemerintah!

Pellet yang dimaksud di sini adalah wood pellet yang merupakan energi terbarukan. Wood Pellet yang dikembangkan oleh PT Energy Biomassa Indonesia (EBI), anak usaha PT Energy Management Indonesia, Menurut direkturnya, Satrio Astungkoro , EBI harus konsisten dalam upaya mengembangkan energi terbarukan di Indonesia. Permasalahan seperti teknologi, pendanaan, dan ketersediaan bahan baku (biomassa) merupakan permsalahan yang dialami PT EBI sebagai pengembang energi terbarukan.

“Saya yakin meskipun mengalami beberapa kendala peluang energi terbarukan di Indonesia sangat terbuka lebar hal ini mengingat sumber energi fosil yang bisa habis, ditambah negara negara di dunia pun sudah sepakat utk gunakan EBT di konferensi Paris kemarin,” ujar Satrio.
Saat ini, menurut Satrio PT EBI sebagai BUMN dengan bidang usaha Konservasi dan Konversi Energi Baru dan Terbarukan masih mengandalkan dana pribadi untuk mengembangkan produksi wood pellet sebagai sumber pengembangan.
Lalu apa sih yang mendasari hal ini? Ternyata hal ini dikarenakan Keputusan pemerintah dan PT PLN (Persero) untuk menaikkan tarif dasar listrik (TDL) untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 1.300 dan 2.200 volt ampere (VA) menuai banyak reaksi di kalangan masyarakat. (Selengkapnya baca di sini)
Tulisan ini atas sumbangsih Hendra Manggala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *