Mau Masak Hemat Energi? Kompor Pellet PGN Solusinya

Demi mendukung penggunaan energi terbarukan, Perusahaan Gas Negara (PGN) mengembangkan kompor yang hemat energi. Seperti apa bentuk dan pemakaiannya?

Dalam acara Bali Clean Energi Forum (BSCEF) yang dilaksanakan pada 11 Februari kemarin, berbagai produk inovatif dipamerkan. Salah satunya adalah kompor berbahan bakar pellet. Untuk membuat pellet sendiri cukup mudah ternyata karena berasal dari aneka limbah pertanian seperti jerami, bonggol jagung, dan serbuk kayu.

kompor pellet

Seperti dikutip detik.com, Maesah Anggni, penjaga stan PGN, menuturkan bahwa kompor pellet ini jauh lebih hemat dibandingkan dengan kompor minyak tanah. Bahkan dibandingkan kompor gas yang menggunakan LPG 3 kg, kompor ini masih bisa lebih hemat.

“Kalau sama kompor minyak tanah pasti lebih hemat. Kalau sama LPG yang disubsidi bersaing. Kita menghitung di 3 provinsi, rata-rata tiap rumah tangga masak 2 jam per hari. Itu habis Rp 2.000/hari kalau pakai LPG. Kalau pakai ini per hari butuh 1 kg pellet, harganya Rp 1.500,” papar Maesah saat ditemui detikFinance diBNDCC, Bali, Kamis (11/2/2016).

Lalu Bagaimana Pengaplikasian Kompor Pellet ini? (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Ema Fitriyani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *