Mengenal Nagoya dan Gas Buminya

Saya yakin sesuatu yang terjadi di dunia ini bukan merupakan kebetulan. Ketika pertama kali saya memasuki dunia kampus yang berlabel islami, saya dipertemukan dengan kakak-kakak kelas jebolan pesantren dekat rumah saya. Walhasil, tahun pertama memasuki dunia kampus, saya memilih ikut bergabung atau kost bersama mereka. Selama setahun kost di sana, saya benar-benar merasakan sesuatu yang positif bagi diri saya sendiri. Kemudian di dalam kelas, ketika saya merasa salah masuk jurusan, saya dipertemukan dengan seseorang yang “gila” membaca. Beruntung, saya yang termasuk golongan-golongan orang yang malas membaca, kini ikut hobi membaca, meski kualitas membaca saya belum sebaik dia.

Kini, sesuatu yang “kebetulan” itu masih berlaku. Sore kemarin saya membaca berita tentang PT. Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN)  yang mengoperasikan gas di Nagoya, Batam. Hal ini menarik perhatian saya, sebab sehari sebelumnya saya baru saja selesai membaca novel “Pasung Jiwa” karya Okki Madasari, di mana dalam salah satu bagian novel tersebut, penulisnya menggunakan latar di Nagoya, Batam. Menariknya, baru kemarin saya penasaran dengan Kota Nagoya dalam karya fiksi, yang menurut saya namanya mirip nama-nama di Jepang, kini saya menemukan Nagoya dalam fakta yang lebih jelas dalam berita yang dibawa Liputan6.com.

Menariknya lagi dari pertemuan saya dengan Nagoya adalah, baru kemarin rasanya pemikiran saya terbayang dengan suasana Nagoya di tahun 1998, kini pemikiran saya dibawa langsung dengan suasana Nagoya di masa sekarang, di mana semakin tumbuh dan berkembang pesat, apalagi setelah proyek pipa gas yang berada di kawasan bisnis Batam sepanjang 18,3 kilometer akan menyalurkan gas bumi ke wilayah Nagoya, Lubuk Baja, Jodoh di Batam. Infrastruktur pipa gas bumi ini nantinya akan memasok gas ke jasa komersil, seperti hotel dan restoran di kawasan Nagoya. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Fahrudin Mualim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *