Mengenal Sumber Energi yang Ada di Indonesia (1)

Energi? Apa sih yang terpikirkan oleh kalian jika menyebut kata energi?

Kekuatan? Sumber tenaga? Daya tahan?

Menurut Kamus Bebas Bahasa Indonesia (KBB) daring, energi/ener·gi/ /énérgi/ n Fis kemampuan untuk melakukan kerja (misalnya untuk energi listrik dan mekanika); daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan, misalnya dapat merupakan bagian suatu bahan atau tidak terikat pada bahan (seperti sinar matahari); tenaga.

Mmm… gampangnya gini, kalau menurut saya sih energi itu semacam sumber kekuatan sesuatu untuk bisa melakukan banyak hal. Contoh sederhananya, coba kamu pikir kalau tubuhmu nggak punya energi? Pasti kamu nggak kuat buat berangkat ke kampus atau sekadar bergerak dari kamarmu ke kamar mandi.

Ngomong-ngomong energi, cakupan energi ini luas banget guys. Kalau di pelajaran Fisika waktu sekolah dulu ada yang namanya Energi Gerak yang di dalamnya di bagi lagi menjadi energi kinetik dan energi potensial. Tapi bukan itu yang mau saya bahas dalam tulisan ini. Energi yang akan diulas kali ini adalah energi berdasarkan sumber penemuannya seperti energi fosil, energi alternatif, danenergi terbarukan.

  1. Energi Fosil

Sebagai pengendara motor atau mobil, pasti pernah dong kalian isi bensin di SPBU? Nah, cairan minyak yang menghidupi mesin kendaraan kalian yang biasa disebut BBM ini adalah salah satu jenis energi fosil. Jadi apa sih energi fosil itu? (Selengkapnya di sini)

Penulis Puput Helmy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *