Mengintip Pergerakan Infrastruktur Jaringan Pipa Gas PGN

Bak air yang mengalir dan menempati segala ruang hingga akhirnya ia bermuara dan memberikan berbagai manfaat bagi  kehidupan. Begitulah yang terus dilakukan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dalam menyalurkan gas buminya kepada masyarakat. Tentunya, agar penyaluran gas bumi bejalan lancar, PGN terlebih dulu membuat jaringan infrastrukturnya. Kiprah PGN dalam membangun dan memperluas jaringan pipa gas buminya pun perlu kita apresiasi bersama. Saat ini saja, perusahaan yang berada di bawah naungan BUMN ini sedang menyelesaikan proyek-proyek pipa gas bumi di beberapa wilayah, mulai dari Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Sekadar informasi saja bahwa hingga kuartal I di tahun 2016 ini, PGN telah menambah pipa gas bumi sepanjang lebih dari 109 kilometer, sehingga menambah pipa gas bumi PGN menjadi lebih dari 7.100 kilometer. Artinya pembangunan pipa gas PGN jika kita hitung dalam persen, sudah mencapai 76 persen dari pipa gas bumi nasional. Capaian yang luar biasa bukan? Hal ini juga menjadi jalan akan semakin banyak pula masyarakat yang bisa memanfaatkan gas bumi yang disalurkan PGN.

Sekarang  pertanyaan yang mungkin ada di benak kita adalah, daerah mana saja yang sudah dan sedang melakukan  proyek pembangunan infrastruktur pipa gas ini, sehingga sudah dikatakan mencapai 76 persen dari pipa gas bumi nasional. Pertama saya ingin mengajak kita semua untuk melihat wilayah Jawa Timur, tepatnya di daerah Kalisongo-Waru.  (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Fahrudin Mualim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *