Pemanfaatan Gas Bumi dalam Sendi Kehidupan Masyarakat

Permasalahan bahan bakar selalu menjadi perbincangan di Indonesia dan seluruh dunia. Krisis bahan bakar minyak (BBM) menyadarkan semua pihak bahwa manusia sangat bergantung pada bahan bakar dalam mencukupi kebutuhan hidupnya. Berbagai penelitian dilakukan untuk mendapatkan bahan bakar alternatif agar kebutuhan manusia bisa terpenuhi.

Bahan bakar alternatif adalah bahan bakar yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar konvensional yang terutana bersumber dari bahan bakar fosil. Secara mudah, bahan bakar alternatif identik dengan bahan bakar apapun selain yang berasal dari minyak bumi.

Salah satu bahan bakar alternatif yang saat ini sedang ditingkatkan adalah terkait penggunaan gas bumi. Gas bumi merupakan bahan bakar yang bersih dan juga tersedia dalam jumlah besar. Diperoleh langsung dari alam atau dari hasil sampingan pengeboran minyak bumi. Gas bumi itu sendiri dikenal memiliki emisi buang lebih rendah dibanding bensin atau solar sehingga lebih ramah lingkungan. Fakta juga menunjukkan gas bumi mengeluarkan emisi karbon monoksidan 90% lebih rendah dibandingkan bensin atau solar. (Selengkapnya di sini)

Penulis Fadli Readi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *