Perjalanan Pola Bisnis Gas Bumi PGN

Perubahan pola yng sebelumnya dilakukan PGN sebagai perusahaan BUMN yang fokus di bidang gas bumi banyak menemui jalan terjal. Tak mudah untuk menghubungkan pipa dari sabang sampai merauke, maklum saja, Bangsa Indonesia ini merupakan bangsa kepulauan. Dirut PGN, Hendi Prio Santoso yang sudah 2 periode menjabat sebagai dirut tentu PGN saat ini tak bisa dipandang sebelah mata. Saat ini kurang lebih sekitar 70% pipa gas bumi sudah dibangun PGN.

Tepatnya PGN telah membangun dan mengoperasikan energi baiknya lebih dari 7.100 km pipa gas bumi, yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Pipa-pipa gas tersebut memasok gas bumi yang efisien dan ramah lingkungan ke lebih dari 107.690 rumah tangga pelanggan PGN, 1.857 usaha kecil, mal, restoran, hotel, rumah sakit, serta 1.529 industri skala besar, SPBG, MRU (SPBG mobile) dan pembangkit listrik.

Laju pembangunan yang kian hari kian luas membawa dampak positif bagi masyarakat, terutama di daerah Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Sorong Papua yang kian dapat menikmati gas bumi ini. Energi baik sudah seharusnya dirasakan berbagai kalangan, bukan hanya sebagai jargon tetapi harus dilakukan untuk kehidupan yang lebih baik kelak. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Adi Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *