Perjuangan PGN Membumikan Gas Bumi (2)

Inovasi dalah solusi

Di sinilah praktek dari kalimat ajaib Man Jadda wa Jadda bergerak. Siapa yang bersungguh-sungguh dia akan berhasil. Inovasi adalah solusi. Para punggawa PGN dari atas hingga bawah tak patah arang. Pola bisnis diubah menjadi menyalurkan gas bumi melalui pipa bukan lagi menyalurkan gas buatan. Langkah nekat yang berujung pada penjualan aset perusahaan. Kok bisa?

Sri Budi Mayaningsih kembali mengisahkan, karena aksi nekad itu, mereka terus merugi hingga harus menjual sebidang tanah di Jalan Zainul Arifin, Jakarta Pusat, untuk membiayai pengembangan pipa gas dan gaji pegawai.

Tapi PGN terus memelihara keyakinan bahwa penyalura gas bumui justru menjadi solusi di tengah terus meruginya pemerintah mensubsidi BBM yang membuat anggaran negara membengkak. Dan ya! Keoptimisan itu berujung manis.

Dikutip dari detik.com, PGN kemudian melakukan pioneering dengan melakukan pembangunan infrastruktur pipa gas bumi di berbagai daerah. Salah satu proyek besar adalah proyek pipa gas transmisi South Sumatera West Java (SSWJ) dengan panjang lebih dari 1.000 km. Pengembangan pipa-pipa gas distribusi pun makin terus dilakukan sehingga memperluas pemanfaatan gas bumi bagi masyarakat. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Puput Helmy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *