PGN Bangun 24.000 Sambungan Gas Bumi di Surabaya

Setelah memberikan kemudahan kepada pelanggan rumah tangga dalam pembayaran tagihan gas, kini PGN terus memperluas jaringannya dalam memasok gas bumi ke seluruh Indonesia. Salah satunya dengan membangun jaringan gas (jargas) di Surabaya dengan sambungan rumah tangga sebanyak 24.000 sambungan. Nilai investasi yang ditaksir dalam pembangunan tersebut berkisar Rp 285,2 miliar.

Selaku Dirut PGN, Hendro Prio Santoso, mengatakan bahwa PGN mendapat kepercayaan dari Kementerian ESDM untuk membangun 24.000 sambungan gas bumi rumah tangga di Surabaya. Pembangunan jargas tersebut sejalan dengan Kota Surabaya sebagai Kota Hijau (Green City). Adapun dari 24.000 sambungan itu terbagi menjadi tiga klaster, yakni Surabaya bagian timur meliputi empat kelurahan untuk 7.514 sambungan rumah tangga, Surabaya bagian tengah dengan lima kelurahan sebanyak 8.763 sambungan, dan Surabaya selatan dengan empat kelurahan sebanyak 7.721 sambungan. Adapun PGN telah memverifikasi 60 alamat dan kemauan berlangganan gas bumi dari total 24.000 sambungan. Dalam sehari, PGN juga menargetkan pemasangan pipa sepanjang satu km dan meteran di 150  alamat rumah.

Menurut walikota Surabaya, Tri Rismaharini, pemanfaatan gas bumi PGN yang digunakan warga Kampung Lontong, Rungkut telah memberikan penghematan hingga 50% atau setara Rp 2-3 juta perbulan. Bahkan dari penghematan tersebut, kini mereka bisa mengalokasikan pengeluaran mereka untuk memperbaiki rumah. Warga Kampung Lontong pun berterimakasih kepada PGN karena telah membantu memperbaiki kondisi pengeluaran dan beban hidup mereka. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Ihda Auliannisa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *