PGN dan Kepemimpinan Hendi Prio Santoso Bersih Korupsi

Perihal kepemimpinan Hendi Prio Santoso bersih korupsi agaknya sudah menjadi kewajaran, dan sesungguhnya bukan merupakan sesuatu yang mengherankan. Menilik dari artikel Handy Fernandy mengenai kepemimpinan beliau di PGN, terlihat bahwa penulis memiliki pandangan yang sangat baik mengenai Direktur Utama PGN, yaitu Handy Prio Santoso.

Lebih lanjut dalam tulisan Handy,  Dirut PGN ini memang terkenal dengan integritasnya. Di bawah kepemimpinan beliau, PGN berhasil memberantas praktik calo dalam prinsip zero tolerance corruption. Hendi Prio Santoso juga menerbitkan Kode Etik Karyawan dan Kode Etik Pimpinan sebagai salah satu usahanya untuk membangun budaya bersih dan transparan. Di dalam kode etik tersebut, dijabarkan dengan jelas dan terang berbagai panduan praktis mengenai tata cara menangani konflik kepentingan, korupsi, suap, gratifikasi, manajemen informasi dan lain sebagainya.

Kasus percaloan gas bumi di Indonesia memang merupakan masalah yang tidak kecil. Indonesia Corruption Watch (ICW) bahkan sampai mencermati praktik percaloan dalam jual-beli gas pipa yang terjadi di Indonesia. Koordinator Divisi Monitoring dan Analisis Anggaran ICW Firdaus Ilyas menegaskan skema jual-beli bertingkat yang ada di Indonesia berperan dalam menyuburkan munculnya percaloan di bisnis gas nasional. Selain itu, dengan semakin panjang rantai distribusi maka semakin mahal harga yang sampai ke end user. Dampaknya, penerimaan negara juga menjadi semakin berkurang, karena margin sudah diambil para trader. Praktek trader gas bertingkat ini menyebabkan tidak bisa dilakukan kontrol terhadap selisih harga gas dari pasok (harga gas hulu) dengan harga gas di konsumen. (Seengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Sheila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *