PGN di Tangan Dingin Hendi Prio Santoso: 0% Korupsi, 100% Profesional

Bagaimana Hendi Prio Santoso bisa tetap dipercaya memangku jabatan sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat pada hari Jumat, 8 April 2016, meskipun beliau sudah menjabatnya selama dua periode?

Sebagai praktisi keuangan, Hendi yang jebolan keuangan dan ekonomi University of Houston, Texas, Amerika Serikat sebelumnya lebih banyak berkecimpung di balik deretan angka-angka. Karirnya dimulai tahun 1990 di Bank Niaga meski hanya bertahan selama satu tahun. Dari 1991 hingga 1996, Hendi bergabung dengan Citibank, N.A. (Citibank) merupakan cabang dari Citibank N.A yang berkantor pusat di New York, Amerika Serikat. Citibank, N.A sepenuhnya merupakan bagian dari Citigroup,Inc. Berdasarkan total aset, Citi merupakan salah satu bank asing dengan aset terbesar di Indonesia. Dari bank berpelat asing itu, Hendi kemudian hijrah ke PT Perdana Multi Finance. Kali ini jabatannya sebagai vice president. Dari sinilah karirnya terus menanjak hingga pada akhirnya dipercaya sebagai direktur investasi perbankan PT JPMorgan Securities Indonesia, sebuah perusahaan sekuritas berkelas dunia.

Pria yang lahir di Jakarta 5 Pebruari 1967 ini pun berlanjut menjadi direktur keuangan di PGNsesuai dengan keahliannya meskipun hanya satu tahun. Sejak Juni 2008, Hendi dipercaya untuk menduduki posisi tertinggi di PGN, sebagai Direktur Keuangan. “Tidak ada mimpi menjadi seperti sekarang,” ujar Hendi. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Hetty Indrarini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *