PGN Mendistribusikan Bahan Bakar Ramah Lingkungan Dan Lebih Aman

Perusahaan Gas Negara (PGN) merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjadi leading sector dibidang energy alam di Indonesia. Lahirnya PGN tersebut dibidani oleh perusahaan gas swasta Belanda yang bernama I.J.N. Eindhoven & Co berdiri pada tahun 1859 yang memperkenalkan penggunaan gas kota di Indonesia yang terbuat dari batu bara. Namun pada perkembangannya saat terjadi peralihan kekuasaan di ahir Perang Dunia II 1945, para pemuda dan buruh listrik melalui delegasi Buruh/Pegawai Listrik dan Gas bersama-sama dengan Pimpinan KNI Pusat berinisiatif menghadap Presiden Soekarno unutk menyerahkan perusahaan-perusahaan tersebut kepada Pemerintah Republik Indonesia.  Logo_PGN_new_lowres

Setelah melalui perjalanan panjang PGN kemudian memasuki babak baru menjadi perusahaan terbuka ditandai dengan tercatatnya saham PGN pada tanggal 15 Desember 2003 di Bursa Efek Indonesia dan namanya resmi menjadi PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk.

Pada prinsipnya PGN mengoperasikan jalur pipa distribusi gas sepanjang lebih dari 3.750 km, menyuplai gas bumi ke pembangkit listrik, industri, usaha komersial termasuk restoran, hotel dan rumah sakit, serta rumah tangga di wilayah-wilayah yang paling padat penduduknya di Indonesia.

PGN dalam hal ini mendistribusikan Gas Alam yang merupakan sumber energi yang aman, efisien dan ramah lingkungan dibandingkan sumber energi lainnya. selain itu, gas alam memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan penggunaan energi BBM. Pertama, gas alam memiliki hasil pembakaran yang lebih bersih dibandingkan dengan menggunakan bensin karena rantai karbon bahan bakar gas lebih pendek dibandingkan yang dihasilkan BBM, angka oktan yang lebih tinggi, yaitu 120-130, dan emisi CO2 yang lebih rendah dibandingkan dengan BBM.

Tulisan lebih lengkap bisa dibaca di fadlireadi.wordpress.com

Artikel ini sumbangan dari Agan M Fadli Readi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *