PGN Pendobrak Pasar Gas Bumi di Pasuruan

Gas bumi PGN semakin hari semakin luas ruang lingkupnya dalam memenuhi kebutuhan energi baik untuk Masyarakat Indonesia.

Tercatat hingga sekarang ini pelanggan PGN tersebar di berbagai wilayah mulai dari : Sumatera Utara,  Kepulauan Riau,  Riau,  Sumatera Selatan,  Lampung,  DKI Jakarta,  Jawa Barat,  Banten,  Jawa Tengah,  Jawa Timur,  Kalimantan Utara, sampai Papua.
PGN juga telah menyalurkan gas bumi ke lebih dari 116.400 pelanggan rumah tangga, 1.879 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.576 industri berskala besar dan pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar energi baik gas bumi.

Alur dan panjang jaringan gas bumi PGN semakin hari juga semakin bertambah. Khusus di Jawa Timur, PGN memiliki dan mengoperasikan pipa gas seperti
– Surabaya sepanjang lebih dari 493 km,
– Sidoarjo lebih dari 313 km,
– Pasuruan sepanjang lebih dari 189 km.
Di Pasuruan, pipa gas PGN mengalir ke wilayah Gempol, Beji, Bangil, Kraton, Rejoso, Lekok, Nguling, Pohjentrek, Kejayan, Pandaan, Purwosari, dan Kotamadya Pasuruan.

Baru beberapa waktu yang lalu, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) telah menambah infrastruktur pipa gas buminya dengan menyelesaikan proyek pipa gas di wilayah Kejayan-Purwosari, Pasuruan bagian barat, Jawa Timur. Hal tersebut di sampaikan oleh Direktur PT Perusahaan Gas Negara Tbk Dilo Seno Widagdo yang memberikan info bahwa, PGN kembali menyelesaikan proyek pipa gas bumi di wilayah Kejayan-Purwosari di Pasuruan sepanjang 15 kilo meter (Km)‎ yang dapat memasok gas bumi hingga 17 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Tercatat sebelumnya PGN telah menyelesaikan proyek pipa gas di Jetis-Ploso yang berada di Mojokerto hingga Jombang sepanjang 27 kilometer (KM). (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih M. Arbib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *