PGN: Perusahaan Mawas Lingkungan Hidup (1)

Pada tanggal 5 Juni lalu, masyarakat di seluruh dunia serentak merayakan Hari Bumi dengan berbagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan aksi nyata untuk pelestarian lingkungan hidup dilakukan. Salah satu badan yang peduli mengenai pelestarian lingkungan adalah Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia  (KEHATI). Yayasan ini memiliki program pemberian penghargaan kepada 25 perusahaan yang memenuhi prinsip-prinsip sustainable and responsible investment (SRI) dan pelestarian lingkungan hidup.

Dari 25 perusahaan tersebut, Kehati memilih tiga perusahaan terbaik yang mendapatkan SRI-KEHATI Award. PGN adalah salah satu dari tiga perusahaan BUMN yang berhasil menjadi perusahaan terbaik dari 25 perusahaan yang masuk dalam indeks SRI-KEHATI tersebut, yaitu PT Bank Negara Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN).

Pemilihan berdasarkan pada indeks SRI-KEHATI. Indeks ini memiliki 6 aspek fundamental yang merupakan prinsip-prinsip SRI-KEHATI, yaitu melakukan usaha sesuai dengan prinsip berkelanjutan yang peduli terhadap lingkungan hidup, pengembangan masyarakat, hak asasi manusia, ketenagakerjaan, perilaku bisnis dan tata kelola perusahaan yang baik, dari aspek bisnis inti, aspek finansial, dan aspek fundamental. Indeks yang lahir pada Juni 2009 merupakan indeks yang pertama di ASEAN dan yang kedua di Asia berdasarkan data dari exchange and sustainable investment.

Dengan memenangkan penghargaan ini, PGN dianggap telah menerapkan serangkaian langkah yang dapat menghemat penggunaan sumber daya alam dan sumber energi lain (dengan pengelolaan gas bumi sebagai energi baik) sebagai wujud partisipasi dalam kegiatan konservasi lingkungan dan pemeliharaan lingkungan. Diharapkan, PGN dapat menjadi role model yang memicu perusahaan lain mengikuti penerapan pegnelolaan perusahaan yang baik dan bertanggung jawab sesuai dengan prinsip sustainable and responsible investment. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Sheila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *