PGN: Perusahaan Mawas Lingkungan Hidup (2)

Melihat dari upaya dan cara kerja PGN, sesungguhnya tidak mengherankan bila perusahaan negara ini mampu mengantongi penghargaan tebaik dari SRI-KEHATI. Berbagai upaya meminimalisir perusakan lingkungan dalam proses kerjanya serta aksi-aksi pelestarian lingkungan secara konsisten telah dilakukan oleh PGN.

Wujud nyata komitmen PGN terhadap upaya menjaga pelestarian lingkungan dan partisipasi terhadap mitigasi GRK adalah transformasi lingkungan terhadap seluruh lingkup kegiatan pengelolaan perusahaan. Transformasi lingkungan ini ditujukan untuk menjadikan PGN sebagai perusahaan yang lebih ramah lingkungan dengan semangat green and clean energy for life. Untuk memperjelas upaya ini, PGN merancang Roadmap Transformasi Lingkungan. Kebijakan pelaksanaan roadmap transformasi lingkungan terbaru, yaitu periode 2013-2017 meliputi berbagai kegiatan yang saling mendukung, yakni:

  • Ikut serta dalam PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup) dari Kementerian Lingkungan Hidup.
  • Pengembangan perhitungan jejak karbon (carbon foot print).PGN melakukan standarisasi penghitungan emisi karbon sebagai dasar penyusunan kebijakan yang tepat dalam mitigasi karbon akibat kegiatan operasi melalui penerapan sistem akuntansi karbon (carbon accounting), yang disebut juga Kalkulator Karbon PGN yang meliputi:
    • Emisi dari pemakaian listrik di gedung dan station
    • Emisi dari pemakaian bahan bakar untuk generator
    • Emisi dari pemakaian bahan bakar untuk kendaraan bermotor
    • Emisi dari pemakaian gas untuk chiller dan turbin kompresor
    • Emisi dari perjalanan dinas menggunakan pesawat
    • Penurunan emisi dari bisnis PGN dalam penyaluran gas bumi
  • Implementasi AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) atau UKL-UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup) dan kelengkapan ijin lingkungan. Setiap kegiatan PGN selalu dilengkapi dengan AMDAL maupun UKL-UPL serta memiliki Ijin Lingkungan dari Instansi Terkait. Sikap patuh PGN terhadap peraturan pemerintah dapat terlihat dari berbagai laporan yang sesuai dengan AMDAL maupun UKL-UPL.
  • Pelaksanaan audit energi. Tujuan kegiatan audit energi ini adalah mengidentifikasi peluang peningkatan efisiensi energi yang selanjutnya dapat ditindaklanjuti untuk mendapatkan dampak positif berupa: (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Sheila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *