Rangkuman Singkat tentang Hari Bumi

Setiap tanggal 22 april diperingati sebagai Hari Bumi sedunia. Masyarakat di penjuru dunia merayakan Hari Bumi dengan membuat sebuah gerakan mengajak orang untuk peduli terhadap bumi dan lingkungan hidup kita. Secara umum Hari Bumi tahun ini memiliki tema “Energi untuk Bumi”. Tema ini diambil karena hampir setengah dari emisi gas rumah kaca berasal dari energi yang kita gunakan untuk daya rumah atau mobil kita. Maka dengan tema ini diharapkan setiap individu tersadar untuk mengambil sikap bersama-sama dalam menyelamatkan bumi dengan mengelola nafsu saat menggunakan energi.

Adanya kesadaran warga negara dan organisasi-organisasi duni yang berusaha mengganti bahan bakar fosil dengan energi yang dapat diperbarui, Menjadikan jumlah emisi atau gas buang dari sisa pembakaran sedikit menurun. Hari Bumi sedunia Berawal dari jalanan di New York, Hari Bumi telah menjadi sebuah gerakan yang mendunia hingga saat ini.

Hari Bumi juga merupakan perayaan dan penghormatan terhadap planet bumi yaitu rumah satu-satunya tempat tinggal manusia. Jadi HAri bumi yang kita maksudkan bukanlah hari ulang tahun kelahiran bumi. karena sampai dengan detik ini belum ada penanggalan atau penetapan kapan bumi yang kita huni ini lahir , tercipta serta belum ada angka pasti berapa abad usianya. Yang ada hanyalah perkiraan berdasarkan temuan , penelitian dan pengamatan sisa sisa kehidupan masa lalu. (Selengkapnya klik di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih M. Arbib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *