Sambut Ramadhan 2016 ala PGN

Perusahaan pengelola jaringan distribusi Gas Bumi (PGN), setiap bulan puasa tentu saja tak ketinggalan untuk mengadakan aneka kegiatan yang berhubungan dengan ibadah dan amal. Pada 2012 lalu PGN mengadakan Safari Ramadhan 1433 Hijriah, yang berisikan kegiatan pemberian bingkisan kepada anak yatim dan dhuafa kepada 46 panti asuhan dengan 1.455 anak yang terdapat di wilayah operasi SBU II yaitu Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, dan Pasuruan. Paket itu berupa tas sekolah, sajadah, sarung/mukena, dan uang tunai. Kegiatan serupa hal ini merupakan kegiatan tambahan yang selalu rutin dilakukan PGN selain melaksanakan pekerjaan rutinya dalam pendistribusian dan perawatan jaringan gas bumi PGN.

Dari tahun ke tahun seiring dengan bertumbuhnya infrastruktur jaringan gas bumi yang dibangun PGN tentu saja permintaan akan pasokan gas bumi meningkat. Apalagi di bulan puasa dan menjelang perayaan Hari Raya Besar Idul Fitri, kebutuhan permintaan gas bumi di sektor rumah tangga dari waktu ke waktu mengalami peningkatan. Di wilayah selama Ramadhan hingga Lebaran 1433 Hijriah konsumsi gas bumi naik sekitar 10-25 persen dibandingkan hari biasanya.  Konsumsi gas bumi masyarakat naik terutama industri yang bergerak di sektor makanan, seperti pabrik atau industri rumah tangga yang membuat aneka hidangan sahur dan buka puasa hingga kue lebaran di hari raya.

PGN sampai dengan tahun 2016 ini terus berlanjut menyalurkan gas bumi ke Usaha Kecil Menengah atau UKM dan komersial seperti hotel, rumah sakit hingga mal yang jumlahnya saat ini lebih dari 1.850 pelanggan. Dan sudah tercatat di berbagai berita yang bisa kita dapati bahwa PGN mulai tahun 2016 hingga 2019 menargetkan penambahan 110.000 sambungan gas bumi untuk rumah tangga di berbagai daerah Indonesia. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih M. Arbib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *