Sekelumit Harapan untuk Energi Terbarukan

Membahas energi, baik itu energi fossil maupun energi terbarukan tentu saja tidak akan ada habisnya, selalu ada sisi menarik untuk kita kuak, kita gali, kita pertanyakan, karena tentunya kita ingin energi terbarukan bisa berdampak baik kepada kesejahteraan umat manusia tidak hanya masyarakat Indonesia saja.

Sebagai orang biasa yang hanya mengamati langkah-langkah masif yang dibuat pemerintah, investor, dan badan usaha, tentulah sejauh-jauhnya yang kita lakukan adalah berharap, berharap banyak kepada kebijakan pemerintah agar tidak melakukan blunder dalam mengambil kebijakan tentang energi terbarukan yang tengah gencar mereka garap namun gaungnya seolah tidak kita dengar. Ibarat ada gajah di depan pelupuk mata tetapi kita tidak melihat apa-apa. Itulah gambaran kita sekarang terhadap kinerja-kinerja yang tengah dilakukan pemerintah.

Sejauh yang kita ketahui karena sudah melihat sendiri dampaknya, energi yang berasal dari fossil tidaklah ramah lingkungan. Ia seperti kanker yang menggerogoti kesehatan tubuh perlahan-lahan.  (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Larasestu H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *