Sekilas tentang Keamanan Pekerja pada Peresmian Infrastruktur Gas Bumi di Batam

Kali ini saya ingin memberikan ulasan untuk tulisan “Peresmian infrastruktur gas di Batam: manfaatkan Energi gas bumi, ekonomi Indonesia bergeser menuju lebih baik 2″ yang ditulis oleh Fahrudin Mualim. Saya tertarik dengan tulisan ini karena menyinggung soal keselamatan kerja dan peran PGN sebagai salah satu perusahaan negara yang memiliki integritas tinggi dalam memperhatikan keselamatan dan keamanan pekerjanya.

Tulisan Fahrudin ini membahas mengenai peresmian tiga proyek pipa gas milik PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) yang dilakukan bersamaan di Batam pada 30 Januari 2015 silam. Pada acara yang dihadiri oleh Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, sempat disinggung berbagai topik perihal perbaikan ekonomi Indonesia, pergeseran pengelolaan sumber daya Indonesia, serta penentu kesuksesan sumber daya Indonesia kedepannya yaitu tingkat pendidikan atau pengetahuan sumber dayanya yang baik.

Satu hal yang paling menarik dari kata sambutan tersebut seperti yang ditulis oleh Fahrudin, adalah pernyataan Menteri Sudirman Said mengenai budaya menjaga keselamatan kerja di Indonesia. Di dalam tulisan tersebut Menteri Sudirman sempat marah kepada teman-teman di PT Freeport, karena walaupun perusahaan tersebut adalah perusahaan global, namun dalam tiga tahun terakhir terdapat berita bahwa 50 orang pekerjanya meninggal saat bekerja. (Selengkapnya baca di sini)

Tulisan ini atas sumbangsih Sheila Shelomita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *